Anggota DPRD Padang Helmi Moesim Fasilitasi Pelatihan dan Edukasi Kesiapsiagaan Bencana

Anggota DPRD Padang, Helmi Moesim saat pelatihan dan sosialisasi kesiapsiagaan bencana dihadapan FKSB Padang Rimur

PADANG - Sedikitnya 150 orang yang tergabung dalam Forum Kelompok Siaga Bencana (F-KSB) Kecamatan Padang Timur mengikuti pelatihan dan sosialisasi serta edukasi kesiapsiagaan bencana. Kegiatan ini difasilitasi dana pokok pikiran anggota DPRD Padang, Helmi Moesim.

Kecamatan Padang Timur merupakan salah satu daerah rawan bencana di Kota Padang, terutama bencana gempa dan tsunami. Pun bencana lainnya seperti angin puting beliung, banjir dan kebakaran. Untuk itu penting bagi masyarakat mengetahui vetegasi wilayah,  edukasi serta sosialisasi kebencanaan.

Helmi Moesim mengatakan ada beberapa poin terkait peran penting masyarakat dalam kesiapsiagaan bencana antara lain,  melakukan pencegahan bencana, bekerjasama dengan pemerintah melakukan mitigasi dan mengikuti pendidikan dan sosialisasi penanggulangan bencana.


"Mengikuti pelatihan dan sosialisasi kesiapsiagaan bemcan termasuk peran penting masyarakat dalam menghadapi bencana," kata Da Ay, panggilan Helmi Moesim disela-sela kegiatan yang digelar di Anai Resort, Sabtu (26/11/2023).

Politisi Berkarya ini mengakui pengetahuan masyarakat terhadap kesiapsiagaan bencana masih kurang. Berangkat dari pengalaman, lanjutnya, masih ada warga yang hanya menggunakan sandal jepit saat melakukan evakuasi mandiri ketika terjadi kebakaran.

"Kita apresiasi evakuasi mandirinya, namun jangan pula membahayakan diri sendiri," ungkap Helmi Moesim.


Kurangnya perlengkapan penanggulangan bencana untuk masyarakat juga menjadi perhatian Helmi Moesim. Selaku anggota DPRD Padang, Da Ay akan mengupayakan  kebijakan anggaran terkait perlengkapan dan alat penanggulangan bencana ini dalam APBD Kota Padang.

Pada kesempatan ini, Helmi Moesim berharap FKSB Kecamatan Padang Timur memberikan edukasi dan sosialiasi bencana pada wilayah masing-masing.

"Edukasi dan sosialisasi kepada warga adalah bentuk pengurangan resiko dan korban jika terjadi bencana," tegas Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Padang ini.


Khusus kepada Kelompok Senam Pagati, Helmi Moesim mengingatkan supaya lebih mengembangkan potensi anggota yang tergabung dalam kelompok tersebut. Helmi Moesim menyarankan Kelompok Senam Pagati membentuk kegiatan UMKM yang bisa membantu perekonomian anggota Pagati.

Sementara, Camat Padang Timur, Siska Melani mengungkapkan, kegiatan sosialisasi tentang kebencanaan termasuk program prioritas Pemko Padang. Kemudian, program ini disuport anggota DPRD Helmi Moesim yang kebetulan berasal dari daerah pemilihan IV.

"Apresiasi kepada bapak Helmi Moesim yang peduli terhadap kebencaan. Adanya perhatian ini akan membuat FKSB Padang Timur makin solid serta menjalankan tugasnya sebagai kelompok siaga bencana," tandas Siska.(obr)

Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.