Bimtek Hitung Cepat Jitu Pasna Berjalan Sukses, BPBD Sumbar Apresiasi Semangat Relawan

Penutupan Bimtek Hitung Cepat Jitu Pasna oleh Kabid Rehabilitasi dan Konstruksi BPBD Sumbar, Suryadi

BATUSANGKAR - Bimbingan Teknis (Bimtek) Hitung Cepat Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna) yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Barat (Sumbar) di hotel Emersia Batusangkar berjalan lancar dan sukses.

Kegiatan empat hari yang diikuti ratusan peserta yang tergabung dalam relawan penanggulangan bencana daerah dan belasan jurnalis se-Sumbar itu ditutup secara resmi oleh Kabid Rehap Rekon BPBD Sumbar, Suryadi Efiyondri, Rabu (15/9/2021) malam.

Dalam sambutannya, Suryadi mengapresiasi semua pihak yang terlibat dan mendukung kegiatan tersebut sehingga bisa terlaksana dengan baik. Ia pun memuji antusias peserta bimtek kali ini.

“Hingga jelang tengah malam, teman-teman masih semangat dan antusias. Ini sangat luar biasa,” kata Suryadi.

Pihaknya pun berharap, materi dan pengetahuan yang didapatkan selama pelatihan bisa diaktualisasikan oleh peserta di tengah-tengah masyarakat.

Menurut dia, relawan yang mengikuti kegiatan tersebut merupakan duta atau perpanjangan tangan BPBD untuk membantu masyarakat dalam menghadapi bencana.

“Kami tentu berharap kegiatan ini bermanfaat, bukan hanya bagi relawan, namun juga untuk masyarakat dalam menghadapi bencana,” ujarnya.

Diketahui, BPBD Sumbar menggelar Bimtek Hitung Cepat Jitu Pasna sebagai salah satu cara memperkuat kesiapan masyarakat dalam menghadapi bencana. Apalagi, Sumbar merupakan salah satu daerah rawan bencana di Indonesia.

Dalam Bimtek Jitu Pasna kali ini relawan dibekali pengetahuan bagaimana menganalisa dan membuat laporan dampak atau kerugian dari bencana yang terjadi.

Hasil laporan tersebut kemudian dapat dijadikan rujukan awal oleh pemerintah dan pihak terkait untuk melakukan pemulihan pasca bencana berupa rehabilitasi dan rekonstruksi kerusakan secara cepat dan tepat. (sk)

Label: ,

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.