Berita Duka, Cendekiawan Minang Mochtar Naim Dikabarkan Meninggal Dunia

 


DEPOK - Kabar duka, budayawan Minangkabau Dr. Mochtar Naim dikabarkan meninggal dunia, Minggu (15/8/2021). Informasi yang diterima, Dr. Mochtar Naim meninggal dunia di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Depok, pada pukul 11.01 WIB setelah sempat dirawat selama lima hari.

Berita duka tersebut juga telah beredar di grup WhatsApp. Adalah Dosen Sosiologi Universitas Andalas Dr. Alfan Miko, salah satu yang mengabarkan berita duka tersebut.

“Kabar duka kami dapatkan dari anak beliau Amelia Naim yang diteruskan kemenakannya Andi Sunardi,” kata Alfan Miko.

Diketahui, Mochtar Naim adalah antropolog dan sosiolog Indonesia ternama yang dikenal sebagai pakar budaya Minangkabau. Ia lahir di Sungai Penuh, Kerinci pada 25 Desember 1932.

Kedua orang tua Mochtar berasal dari Banuhampu, Kabupaten Agam.

Ia merupakan pendiri dari Pusat Studi Minangkabau (Center for Minangkabau Studies). Selama tiga tahun berturut-turut sejak didirikannya pusat studi tersebut, Ia terus mengadakan berbagai macam kegiatan, penelitian, serta seminar mengenai kebudayaan masyarakat Minangkabau.

Meskipun beberapa kali mengajar di perguruan tinggi sebagai dosen luar biasa, Mochtar tidak pernah meminta untuk diangkat menjadi pegawai negeri, namun pernah diangkat sebagai pegawai negeri karena adanya desakan dari Rektor Mawardi Yunus dengan dispensasi dari Presiden dan pensiun pada tahun 1988.

Mochtar Naim juga pernah menjabat sebagai anggota selama 10 tahun di Majelis Permusyawaratan Republik Indonesia (MPR-RI) (1999-2004, 2004-2009) dan 5 tahun di Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) (2004-2009). (*/sk)

Label: ,

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.