2.412 Tenaga Kesehatan di Sumbar Sudah Disuntik Vaksin Covid-19


PADANG - Sedikitnya 2.412 tenaga kesehatan di Sumatera Barat (Sumbar) telah divaksin Covid-19. Dinas Kesehatan Sumbar berharap agar jumlah tenaga kesehatan yang divaksin bertambah signifikan.

"Kemarin kita sudah rapat dengan kabupaten/kota. Diputuskan hari ini bagi daerah yang telah menerima alokasi vaksin, bisa segera melakukan vaksinasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Arry Yuswandi, Jumat (29/1/2021) dikutip dari Sumbar.Inews.id.

Arry menambahkan,  tenaga kesehatan yang telah divaksin itu berasal dari Kota Padang dan Pesisir Selatan yang telah menerima alokasi vaksin sehari setelah pencanangan tingkat provinsi. Sementara 17 kabupaten dan kota lain di Sumbar masih tahap proses distribusi. Daerah yang sudah didistribusikan vaksin pada pekan ini adalah Kabupaten Padang Pariaman, Agam, Limapuluh Kota, Kota Padang Panjang, Payakumbuh dan Bukittinggi.

"Pengiriman vaksin ini butuh pengawalan ketat, karena itu kita melakukan secara bertahap," katanya.

Arry melanjutkan, hingga saat ini tidak ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius yang dilaporkan di Sumbar.

"Ada yang merasa mengantuk atau demam ringan setelah vaksinasi. Itu biasa," katanya. Menurutnya secara umum kendala yang ditemukan adanya beberapa tenaga kesehatan yang terpaksa ditunda penyuntikan vaksin karena alasan kesehatan. Namun nanti rencananya disiapkan waktu khusus untuk penyuntikannya. Selain itu, kata Arry, ada kendala pendaftaran pada aplikasi daring. Ada beberapa yang tidak terdaftar. Namun itu tidak masalah karena data base sudah ada sehingga vaksinasi tidak akan terganggu.(***)

Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.