Irfendi Arbi Sebut Media Miliki Peranan dalan Kemajuan Daerah

Mantan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi "ngopi bareng" dengan para wartawan.


PADANG - Mantan Bupati Limapuluh Kota periode 2016-2021, Irfendi Arbi menyebut media massa memiliki peran penting dan pengaruh terhadap suatu kemajuan daerah. Melalui media massa masyarakat lebih mudah mendapatkan berbagai informasi.

"Media dan wartawan merupakan elemen penting baik pemerintahan maupun masyarakat," kata Irfendi saat diskusi dengan awak media, Jumat (25/3/2022).

Irfendi mencaritakan pengalamannya terkait kemitraan dengan wartawan saat menjabat bupati. Diungkapkannya, ketika itu program-program Pemkab disosialisasikan melalui media dan diterima secara baik oleh masyarakat.

"Tak jarang dalam mengambil kebijakan diproses atau diputuskan setelah terbitnya pemberitaan melalui media," tegas Irfendi.

Selain itu, Irfendi mengatakan bahwa media bukan hanya sebagai penyebar informasi, tapi juga sarana evaluasi pemerintah. Karena banyak hal terkait program pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah, mendapatkan masukan dari media.

Dilanjutkannya, menyadari tantangan peredaran informasi di masyarakat. Terutama terkait maraknya berita bohong atau hoaks, yang sebagian besar menyebar melalui media sosial (medsos).

“Kita menyadari bukan hanya akan ada sanksi dari pihak aparat hukum (bagi penyebar hoaks), tapi juga dosa yang akan ditanggung. Karena bohong itu haram, jangan sampai sesat menyesatkan,” ucapnya.

Dia berharap media bisa menjadi penyaring atau filter informasi yang beredar di masyarakat. Dia pun meyakini tingkat akurasi informasi yang disampaikan media bisa menjadi landasan informasi yang benar untuk masyarakat.

Pada kesempatan ini, Irfendi juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan. Sebab, meski sudab melandai, Covid 19 masih menjadi ancaman setiap saat.

Kemudian lanjutnya, berhubung akan memasuki bulan puasa, ada tradisi "balimau" maka masyarakat juga harus menjaga keselamatan.

"Silakan pergi "balimau" yang penting masyarakat selalu waspada dan saling mengingatkan untuk keselamatan," tutupnya.(agb)

Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.