Bencana di 5 Daerah, BPBD Sumbar: Petugas Siaga 24 Jam

PADANG - Sepanjang Rabu (29/9/2021) hingga Kamis (30/9/2021)  pagi sebagian wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dilanda cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang. Hal itu mengakibatkan bencana banjir dan longsor serta pohon tumbang di berbagai daerah.

Menurut Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Erman Rahman setidaknya lima wilayah di Sumbar terdampak cuaca ekstrem tersebut yakni Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan bencana Erman mengatakan, petugas di semua daerah tetap siaga 24 jam.

“Skala bencana cukup luas, kita meminta petugas di semua daerah tetap siaga 24 jam.  Masyarakat juga diharapkan mewaspadai kondisi yang cuaca yang tidak menentu ini,” kata Erman, Kamis (30/9/2021).

Ia menjelaskan, pihaknya telah melakukan evakuasi di daerah-daerah yang terdampak banjir dengan mendistribusikan perahu karet.

Sebagaimana diketahui, Padang Pariaman menjadi salah satu daerah terdampak bencana cukup parah. Hingga Kamis pagi, 4 orang dilaporkan meninggal dunia di daerah tersebut.

Korban meninggal yakni 1 orang akibat tertimpa pohon tumbang di Komplek Makam Syekh Burhanuddin di Korong Kramat Jaya, Nagari Mangopoh Palak Gadang Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakih. Kemudian 3 orang akibat tertimbun longsor di Korong Tanah Taban, Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Lubuk Alung,

“Ada dua unit rumah tertimbun lonsor di Korong Tanah Taban yang berisi tujuh orang. Empat telah ditemukan, 3 korban meninggal dunia dan 1 orang patah tulang,” ungkap Erman.

Ia lanjutkan, petugas telah melanjutkan pencarian korban lainnya sejak Kamis pagi.

Atas kondisi cuaca yang berpotensi bencana belakangan ini pihaknya meminta warga agar selalu waspada dan siap siaga.

Erman juga meminta warga melakukan evakuasi mandiri, namun jika membutuhkan bantuan evakuai bisa menghubungi BPBD provinsi maupun kabupaten kota. (sk)

Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.