Minta Jatah Rp12 Juta Sebulan ke Mantan Calon Walikota, Wartawan Tewas Ditembak


SIANTAR - Otak pelaku pembunuhan wartawan sekaligus Pemimpin Redaksi (Pemred) media online lokal di Siantar Sumatera Utara, ternyata eks Calon Walikota Siantar, Sujito (57). Pengakuan tersangka, dia sakit hati korban minta jatah uang senilai Rp12 juta sebulan dan pil ekstasi.

Hal ini membuat Sujito, bos Ferrari Hotel & KTV di Jalan Sisingamangaraja Pematangsiantar, gelap mata.

Tersangka menyuruh anak buahnya yang juga manajer humasnya, YFP (31), memberi pelajaran kepada Mara Salem Harahap atau Marsal Harahap (42) pemred media online Lassernewstoday.

“Kalau begini orangnya, cocoknya dibedil,” kata Sujito kepada YFP, seperti diungkapkan Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak, dalam temu pers di Polres Pematangsiantar, Kamis sore (24/6/2021).

“Motif penembakan, karena tersangka S sakit hati terhadap korban yang selalu memberitakan narkoba di Ferrari. Selain itu, korban minta jatah Rp12 juta per bulan dan berupa 2 butir pil ekstasi (narkoba senilai Rp200 ribu) per malam,” ungkap Irjen Panca dilansir RMOLSumut.

Kalau jatahnya tidak diberi, korban membuat pemberitaan sehingga usaha pelaku terganggu.

Karena itu, tersangka Sujito meminta bantuan manajer humasnya, YFP, untuk memberi pelajaran kepada korban.

YFP pun meminta kenalannya anggota TNI berinisial A, agar membantu memberi pelajaran kepada korban.

Selanjutnya, pada hari eksekusi, keduanya memantau keberadaan korban mulai dari kedai tuak hingga ke rumahnya, dan berakhir berpapasan di jalan menuju rumahnya.

Tiba di TKP berupa jalan tanjakan dan rusak, di mana mobil korban mulai melambat, pelaku YFP pun menembak korban.

“Saat korban ditemukan warga, ia masih hidup. Baru dinyatakan meninggal saat dibawa ke RS,” kata Kapolda.

Terkait kasus itu, tersangka Sujito terbukti mentransfer Rp10 juta ke rekening oknum anggota TNI berinisial A, dan memberi imbalan Rp5 juta kepada YFP.

Selain tersangka Sujito dan YFP dari kalangan sipil, polisi juga menetapkan oknum TNI berinisial A, yang membantu kasus penembakan tersebut.

Sebelumnya diketahui, Mara Salem Harahap, pemred media online Lassernewstoday.com, ditemukan tewas dengan luka tembak tak jauh dari rumahnya di Desa Karang Anyar, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun, Sumut, Sabtu dini hari (19/6) lalu. (sk)


Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.