Viral Ambulans Berlogo Pemko Padang di Palestina, Ini Kata Mahyeldi


PADANG - Di media sosial tengah viral ambulans berlogo Pemerintah Kota Padang dan logo Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang membantu evakuasi korban serangan Israel di Palestina. Ambulans berlogo Pemkot Padang dan logo ACT tersebut adalah sumbangan warga Padang.

Mantan Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, membenarkan jika Ambulans viral tersebut merupakan donasi warga Padang melalui unggahan Facebook, Senin (17/5/2021).

Memang benar ambulance tersebut merupakan sumbangan masyarakat Kota Padang yang berempati terhadap kondisi Palestina dan Pemerintah Kota (Pemkot) Padang saat kami masih menjabat sebagai walikota,” sebut Mahyeldi, dikutip Selasa (18/5/2021).

Menurut  Mahyeldi, sumbangan tersebut disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar, pada 6 Maret 2020.

Mahyeldi menambahkan, sebelumnya pada 2019 Pemko Padang  juga menyalurkan bantuan uang tunai Rp100 juta untuk layanan medis dan 1.000 kursi roda bagi warga Palestina yang membutuhkan.

“InsyaAllah, dukungan untuk saudara-saudara kita di Palestina akan terus dilakukan. Sebab, inilah bukti cinta kami terhadap saudara-saudara di Palestina, yang juga ada di Masjid Al Aqsa, tempat sucinya umat Islam,” ujarnya.

Diketahui, Ambulans yang dipakai untuk membantu evakuasi korban di Palestina ini merupakan Hyundai Starex Mover. Hyundai Starex Mover memang menjadi mobil MPV serbaguna yang bisa dimodifikasi untuk menjadi ambulans.

Ambulans Hyundai Starex Mover untuk evakuasi korban di Palestina itu dibeli pada 2020. Dikutip dari laman resmi ACT, Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap Kota Padang Aan Saputra menjelaskan, donasi untuk ambulans digalang pada Januari hingga Mei 2020.

“Ambulans dari para dermawan dan Pemerintah Kota Padang dibeli dan dimodifikasi langsung di Palestina,” kata Aan.

Disebutkan, ambulans ini dipakai di hampir seluruh daerah di Gaza Utara untuk memberikan layanan medis. Tim Global Humanity Response Aksi Cepat Tanggap. Said Mukaffiy mengatakan, ambulans ini sudah menjangkau daerah-daerah yang terkena serangan seperti di Jabalia, Beit Hanoun, dan Beit Lahia.

Ambulans ACT-Pemkot Padang juga ambil serta dalam aksi kemanusiaan dalam memberikan pelayanan kesehatan dan mengantarkan korban menuju rumah sakit di wilayah Gaza,” kata said.

Menurutnya, di masa-masa sulit seperti ini, ambulans beroperasi tanpa henti untuk memastikan agar tidak ada korban yang tidak mendapatkan layanan kesehatan. (sk/***)

Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.