Seekor Macan Masuk Rumah Warga di Pasaman Barat


PASBAR - Seekor macan dahan dievakuasi dari rumah warga di Rimbo Batu, Jorong Koto Padang, Nagari Anam Koto Utara, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (28/04/2021).

Menurut Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam Ade Putra satwa dilindungi itu masuk ke rumah Unan (34) warga Rimbo Batu jorong koto padang, Kinali pada hari sekitar pukul 12.30 WIB.

Dijelaskannya, awalnya keluarga unan mengira hewan tersebut adalah harimau sumatera. Kemudian Unan melaporkan peristiwa itu kepada petugas Puskeswan Kinali yang selanjutnya diteruskan kepada BKSDA Resor Agam.

"Tim BKSDA kemudian mendatangi lokasi langsung melaksanakan evakuasi satwa dari dalam kamar mandi,” sebutnya, Kamis (29/4/2021) dikutip dari SumbarKita.id jaringan oborsumbar.com

Tim dari BKSDA Agam melakukan evakuasi karena BKSDA Pasaman sedang melakukan patroli di Panti.

"Butuh waktu sekitar tiga jam oleh tim BKSDA bersama babinsa, bhabinkamtibmas, Polsek Kinali dan warga baru dapat menggiring macan dahan itu ke kandang yang sudah disiapkan,” tutur Ade.

Menurut Ade, berdasarkan hasil identifikasi lapangan, satwa itu diduga berasal dari kawasan hutan lindung di kaki Gunung Pasaman yang berjarak 700 meter dari lokasi kejadian.

“Macan Dahan itu kemudian kita bawa kantor resor KSDA Agam untuk diobservasi,” tutupnya. (sk/***)


Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.