Maribaya Training dan Consulting Sukses Gelar Pelatihan Public Speaking Gratis

Peserta pelatihan Publik Speaking Maribaya Training & Consulting foto bersama


PADANG - Ratusan peserta dari berbagai kalangan mendapatkan pelatihan publik speaking atau keterampilan berbahasa dari Maribaya Training dan Consulting. Pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi ini dilaksanakan di Gedung Yayasan Zaara, Sabtu (22/10/2022) dan tanpa dipungut biaya.

Dari registrasi panitia, terlihat peserta datang dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, pengusaha, wartawan sampai kontraktor dan sales marketing. Bahkan, ada peserta yang berasal dari Malaysia.

Pelatihan satu hari ini menghadirkan pembicara DR. Zulkifli AR, SIK, MH yang juga merupakan owner Maribaya Consultan & Consulting. Terkait materi pelatihan, nerupakan dasar-dasar teknik publik speaking.

Menurut pria berpangkat Brigadir Jendral Polisi ini, publik speaking memiliki berbagai jenis bentuk, salah satunya adalah pidato yang biasanya bertujuan untuk menyampaikan sebuah materi yang ingin disampaikan kepada khalayak ramai, agar isi dan pesan dari materi tersebut dapat tersalurkan dengan baik kepada audiens.

"Biasanya public speaking tidak dilakukan oleh orang-orang tertentu saja, tapi setiap individu pastinya akan menemui momen yang mengharuskan mereka untuk berbicara di depan umum," jelasnya.

Dijelaskannya, ada empat alasan mengapa public speaking penting untuk dipelajari dan dikuasai.

 1. Meningkatkan rasa percaya diri

Seseorang yang memilik public speaking yang bagus tidak akan mudah minder saat harus berbicara atau menyampaikan pendapatnya di depan umum.

Hal tersebut karena dia sudah terlatih untuk melakukannya dan dia tidak akan kesulitan dalam melakukan pemilihan kata untuk menyampaikan sesuatu di depan semua orang.

 2. Tingkatkan skill leadership

Seorang pemimpin perlu memiliki public speaking yang bagus. Hal tersebut dikarenakan pemimpin tentu memiliki banyak anggota di mana mereka akan menerima instruksi dari pimpinan mereka.

Tanpa public speaking yang mumpuni, tentu akan menyulitkan pemimpin untuk membuat anggotanya paham atas apa yang dia maksud dan dia inginkan.

 3. Memperluas relasi

Orang lain akan mudah akrab denganmu jika kamu memiliki public speaking yang bagus. Mereka akan tertarik saat kamu mampu berbicara dengan lugas, lancar, dan lincah, sehingga hal tersebut berguna untuk memperluas relasi kerjamu dan menarik klien untuk mendapatkan sebuah proyek.

 4. Tingkatkan peluang karier

Dengan memiliki public speaking yang bagus, kamu dapat menuangkan segala ide pikiran ke dalam kata-kata yang mudah dipahami orang lain.

Hal tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kariermu karena kamu dapat membuat orang lain percaya padamu dengan mudah hanya dengan memiliki pengetahuan dan public speaking yang bagus.

Brigjen Pol Zulkifli AR memberikan materi pelatihan publik speaking


Salah satu materi menarik yang disampaikan Zulkifli AR adalah persoalan mental block. Saat melakukan public speaking, seringkali orang mengalami mental block. Mental block adalah kondisi pikiran yang menolak pikiran/gagasan/tindakan tertentu yang menghalangi seseorang untuk meraih potensi optimalnya. Namun, tidak hanya dalam public speaking, mental block juga dapat terjadi pada berbagai hal dan keadaan di dalam hidup.

Dikatakan Zulkifli, ada beberapa ciri seseorang mengalami mental block saat public speaking. Ciri tersebut dapat berupa perasaan gugup, berkeringat, kesulitan mengingat atau fokus, sakit fisik, dan lain-lain. Semua hal tersebut datang dari pikiran dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurang persiapan, rasa malu, takut melakukan kesalahan, dan lain sebagainya.

Zulkifli juga memberikan tip cara mengatasi gugup, antara lain,p kirkan audiens, bukan dirimu sendiri.Ketika mulai berbicara, ajak pikiran kamu untuk fokus pada hal positif dan tumbuhkan emosi positif. Melakukan eye contact, atau memandang ke dahi audiens.

Memegang suatu benda yang bisa mengalihkan kelebihan energi dari rasa gugup.(***)

Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.