Sandiaga Uno Titip Digitalisasi Parekraf ke Pemimpin Daerah di Sumbar

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menekankan, pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Sumatra Barat (Sumbar) telah masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Merujuk hal itu, dia berpesan agar digitalisasi desa wisata dikembangkan di Sumbar.

Hal it disampaikannya saat berdiskusi dengan Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Selasa (13/4/2021). Wali kota dan bupati se-Sumbar juga hadir dalam diskusi di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat itu.

Menurut Sandi, pengembangan digitalisasi dapat secara langsung mengangkat potensi desa wisata, termasuk desa wisata Tugu Gadang dan Desa Wisata Sawahlunto yang kini telah menjadi warisan dunia pada tahun 2019.

Desa wisata yang tersebar di kota dan kabupaten di Provinsi Sumbar antara lain Solok, Sawahlunto, Pariaman, Padang Panjang, Agam, Tanah Datar, Pesisir Selatan dan Sijunjung.

"Sekarang saya bertugas di Kementerian Parekraf. Jadi, yang terpikir adalah bagaimana menggali potensi karena di RPJMN ini sudah ditetapkan bahwa Bukit Tinggi, Padang ini sebagai destinasi wisata pengembangan," katanya dikutip dari inews.com

"Jadi kita harus terus memberikan perhatian, kita memang punya sumber daya alam, ekonomi kreatif dan destinasi wisata di sana, tapi bagaimana kita mengembangkan ke depannya," ujarnya.

Menurut Sandi, percepatan pemulihan sektor parekraf kini difokuskan kepada wisatawan nusantara. Lewat protokol kesehatan yang ketat dan disiplin serta vaksinasi Covid-19, pemulihan sektor pariwisata diyakini dapat segera tercapai. Terlebih, pihaknya telah mengonsepkan era baru pariwisata yang berkualitas dan keberlanjutan.

"Saya akan geber (gerak bersama), gercep (gerak cepat) dan gaspol (garap semua potensi). Dari semua itu, concern (perhatian) kita yang utama adalah pengembangan desa wisata. Desa wisata ini bisa jadi satu peluang untuk kita menjadi pemenang karena pandemi ini secara langsung mengubah peta pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.

"Jadi saya menitipkan kepada pak Andre adalah digitalisasi. Sebab, 11 kabupaten/kota ini akan menjadi pemenang karena kalau kita melihat loncatan kuantum itu menggunakan digitalisasi," katanya.(***)


Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.