Es Cendol Diduga Mengandung Bahan Berbahaya Ditemukan di Padang


PADANG - Untuk memastikan keamanan makanan dan minuman yang dijual selama Ramadan, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang melakukan tes kandungan pangan di sejumlah pasar. Hasilnya, ditemukan adanya es cendol yang diduga mengandung bahan berbahaya rhodamin B yang dijual pedaagang di Pasar Bandar Buat Padang.

BBPOM sendiri mengambil 14 sampel jajanan takjil yang dijual pedagang. Dari jumlah itu terdapat dua es cendol yang positif bahan berbahaya tersebut. Hasil ini baru tes cepat yang dilakukan petugas.

"Ini hasil tes cepat. Tapi dipastikan dengan uji di laboratorium nanti. Tapi yang dua itu tetap dilakukan penelusuran. Berdasarkan informasi, penjual di pasar itu juga, tapi kami telusuri nanti,” kata Kepala BBPOM Padang, Firdaus Umar kepada wartawan, Jumat (23/4/2021) dikutip dari SumbarKita.id jaringan oborsumbar.com.

Disebutkannya, es cendol mengandung rhodamin B ini didapat dari dua orang pedagang.

Firdaus menegaskan, pihaknya akan menelusuri apakah ini disengaja atau pedagang tersebut juga dapat dari seseorang.

"Selama pengawasan (bulan Ramadan), ini baru pertama ditemukan. Kami telusuri dan akan diputus rantai bahan berbahaya ini. Nanti kita lihat apakah ada unsur kesengajaan atau dapat ditempat yang lain,” tegasnya.

Menurutnya, Rhodamin B merupakan bahan berbahaya yang biasa sebagai pewarna tekstil.

“Memang bahan ini sering kali dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan mencampurkan ke menu makanan atau pun minuman,” paparnya. (sk/***)


Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.