Diduga Penyaluran Bantuan KUBE Dinas Sosial Sumbar Sarat Pemotongan


PADANG – Penyaluran bantuan program Dinas Sosial Pemerintah Provinsi (Dinsos Pemprov) Sumbar kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan tahun anggaran 2018 diduga tidak sesuai spesifikiasi yang disyaratkan dalam kontrak sebesar Rp10.093.700,00, menjadi temuan BPK.

Dugaan penyaluran tidak sesuai kontrak adalah bantuan untuk wilayah Kabupaten Pasaman, Pesisir Selatan, dan Agam oleh CV. FU. Kemudian untuk wilayah Kota Padang oleh PD BHB, dan Padang Pariaman oleh CV SB.

Tidak hanya itu, masih program KUBE pada tahun 2018 terdapat barang diduga tidak disalurkan sebesar Rp187.936.100,00. Di Kabupaten Pesisir Selatan oleh CV. FU sebesar Rp520.000,00, di Kabupaten Agam oleh CV. FU senilai Rp2.409.100,00, dan di Kabupaten Padang Pariaman oleh CV. SB sebesar Rp185.007.000,00.

Terkait persoalan CV. SB yang diduga tidak menyalurkan barang sebesar Rp185.007.000,00 termasuk Pendamping KUBE di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang tidak menyerahkan barang kepada KUBE sebesar Rp46.694.000,00. Pendamping KUBE atas nama Sy, dan CV SB sebagai rekanan penyedia me-dropping barang bantuan untuk penerima di kediaman pendamping tersebut yang dihadiri oleh KUBE serta didokumentasikan. 

Seharusnya barang tersebut langsung diserahkan kepada penerima. Namun, dalam pelaksanaannya pendamping tidak langsung menyerahkan barang kepada KUBE pada saat itu, pendamping diduga mengelola barang bantuan KUBE secara mandiri di toko miliknya yang berada di Balai Baru Kota Pariaman.

Persoalan ini terjadi kuat dugaan karena lemahnya pengawasan dari Dinas Sosial Provinsi Sumbar selaku dinas menjalankan program tersebut.

Ketuka dikonfirmasi, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Jumaidi, ketika dikonfirmasi kenapa barang yang disalurkan tidak sesuai spesifikasi, bagaimana fungsi dinas dalam permasalahan itu, dan kenapa barang yang seharusnya diserahkan dikelola oleh pendamping KUBE di toko miliknya.

Namun Jumaidi belum bisa memberikan penjelasan, ia malah menyampaikan akan mengecek dulu di bagian teknis apakah sudah ditindaklanjuti sesuai rekomendasi.(***)


Bantuan KUBE, Dinas Sosial

Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.