Kawal Pantai Sumatera Bagian Barat, Lantamal II Padang Siapkan Batalyon Pertahanan


PADANG - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang memiliki dua tugas prioritas dalam mengawal pantai Sumatera. Masing-masing tugas tersebut menjaga ketahanan wilayah dan mitigasi bencana.

Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Pertama TNI Hargianto menjelaskan meski ancaman ketahanan di pantai Sumatera relatif kecil namun pihaknya tetap menyiapkan batalyon pertahanan.

"Dari sisi pertahanan zonasi pantai Sumatera memang belum ada ancaman yang sampai menganggu wilayah. Namun, kita perlu waspada. Untuk itulah disiapkan batalyon pertahanan," kata Hargianto usai silahturahmi dengan media, Selasa (29/12/2020).

Diketahui, wilayah kerja Lantamal II Padang meliputi laut perairan Sumbar, Bengkulu, Nias, hingga Sibolga.

Selaku putra daerah, Hargianto berupaya bagaimana perairan laut Sumbar aman. Mulai dari ancaman kriminalitas hingga kecelakaan. Begitupun untuk memanfaatkan potensi kemaritiman yang ada.

"Disamping menjaga laut, bagaimana potensi maritim yang ada bisa dimanfaatkan untuk kesejahtreaan masyarakat," katanya.

Kemudian, lanjut Hargianto, wilayah pantai Sumatera merupakan daerah yang rentan ancaman bencana gempa. Potensi bencana gempa ini menjadikan mitigasi bencana sebagai tugas prioritas Lantamal II.

Lantamal II Padang akan terus bersinerg dengan Forkopimda dalam melakukan mitigasi bencana.

Menurut Hargianto, mitigasi bencana sangat perlu dilakukan. Sehingga masyarakat memahami bagaimana menghadapi bencana tersebut.

“Penanggulangan bencana adalah kerja bersama, kami akan koordinasi dan saling bersinergi dengan stakeholder seperti Basarnas, TNI AU dan kepolisian. Mengedukasi masyarakat, latihan bersama rekan lain, latihan terus dilakukan,” ujarnya.(***)

Lantamal II Padang, Sibolga, Laksamana Pertama TNI Hargianto

Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.