Hebat! Meski Omzet Turun, Pengusaha Minang Keturunan Tionghoa Ini Tak PHK Karyawannya



PADANG - Di tengah banyaknya perusahaan yang mem-PHK karyawan akibat dampak dari pandemi Corona, namun langkah tersebut tidak berlaku bagi pengusaha Feriyanto.

Pengusaha Minang keturunan Tiongha ini tetap mempekerjakan 500 orang karyawannya.

"Tak satupun karyawan saya berhentikan meski perusahaan sedang mengalami penurunan omzet," cerita Feriyanto kepada OborSumbar.com di salah satu kafe, Selasa (29/12/2020).

Feriyanto menuturkan, selain tidak mem-PHK karyawannya, perusahaannya tetap membayarkan utuh gaji.

Diketahui, Feriyanto Gani memiliki tiga unit usaha yakni bidang perhotelan, showroom mobil dan aksesoris mobil. Dari tiga usaha tersebut, dia mempekerjakan 500 orang karyawan. Menariknya, semua usaha Feriyanto Gani berada di wilayah Sumbar.

Ketika ditanya, apakah ada strategi khusus tidak mem-PHK karyawan di tengah pandemi? Feriyanto menjawab tidak. Semua kebijakan perusahaan lanjutnya, didasari aspek kemanusiaan.

"Para karyawan saya mempunyai keluarga, jika di PHK sudah pasti keluarganya sulit dalam memenuhi kebutuhan hidup. Jadi, salah satu pertimbangannya itu," jelas pria yang sering juga dipanggil Tuako ini.

Selama masa pandemi, perusahaan milik Feriyanto Gani juga menerapkan protokol kesehatan. Disebutkannya, pada usaha mobil dan hotel misalnya, pihaknya mewajibkan pengunjung mencuci tangan dan memakai masker. Kemudian, dalam penerapkan social distancing terutama bagi karyawan, jadwal kerja dibagi per hari.

Ditambahkannya, perusahaannya akan memberhentikan karyawan apabila karyawan yang bersangkutan bermasalah atau mengundurkan diri.

Pada kesempatan itu, Feriyanto menceritakan pada masa pandemi ini banyak pengusaha Padang yang sudah tutup. Bahkan, sebut Feriyanto ada beberapa kawannya sesama pengusaha yang sudah "lari" dari Sumbar. Namun, Feriyanto tetap bertahan di Padang.(***)

Feriyanto Gani, Imelda Hotel, Pandemi Covid19, Elang Perkasa Motor

Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.