330 Prajurit AS Mendarat di Indonesia


JAKARTA - Latihan Bersama (Latma) antara TNI AD dan US Army yang bernama Garuda Shield ke -15 tahun 2021 akan segera diselenggarakan.

Pada latihan militer bilateral antar kedua negara tersebut sudah berlangsung dari tahun 2007 dan kini Garuda Shield sudah memasuki tahun ke 15 pada penyelenggaraannya.

Garuda Shield merupakan latihan angkatan darat terbesar antara TNI AD dan US Army yang melibatkan mobilisasi beberapa cabang dari kesatuan angkatan darat.

Cabang yang terlibat Latma Garuda Shield yaitu Infanteri, kavaleri, Artileri Medan, Penerbang Angkatan Darat, Artileri Pertahanan Udara, Polisi Militer, Zeni, Perbekalan dan lain-lain.

Dikutip Zonajakarta.com dari Youtube TNI AD 26 Juli 2021, Latma Garuda Shield ke-15 di tahun 2021, merupakan program latihan bersama ini merupakan gagasan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) untuk memperkuat kerja sama dengan US Army.

Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan bahwa Latma Garuda Shield ke-15 akan diselenggarakan di 3 titik area latihan.

Yaitu (Pusat Latihan Tempur) Puslatpur Baturaja Lampung, Puslatpur Makalisung Sulawesi Utara dan Puslatpur Amborawang Kalimantan Timur pada Latma Garuda Shield ke-15.

Latma Garuda Shield ke-15 ini merupakan suatu hal yang baru, karena diselenggarakan di 3 lokasi berbeda, yaitu di Pulau Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Pada latihan Garuda Shield Sebelumnya TNI AD dan US Army berlatih di Asembagus Situbondo Jawa Timur.

Untuk jadwal latihan akan segera berlangsung pada tanggal 1-14 Agustus 2021, yang dilakukan serempak di 3 lokasi Puslatpur.

Sebelumnya dilaporkan bahwa 330 Prajurit US Army telah mendarat di bandara Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pada Sabtu 24 Juli 2021.

Tujuannya untuk mengikuti Latma Garuda Shield ke-15, kedatangan Prajurit US Army telah melakukan pengecekan kesehatan protokol Covid-19 serta pengecekan perlengkapan data di kantor imigrasi.

Oleh karena itu tujuan dari Latma Garuda Shield ke-15 ini lebih ke hubungan persahabatan antara TNI AD dan US Army.(zj)


Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.