Bak Godfather, Berikut Deretan Preman Legendaris Indonesia dari Masa ke Masa


JAKARTA – Beberapa orang identik dan popular dengan julukan preman. Masing-masing memiliki kisah yang berbeda. Bahkan, nama mereka terkenal di masyarakat berkat kiprahnya di berbagai kasus yang menyita perhatian.

Berdasarkan data yang dihimpun MNC Portal Indonesia, berikut daftar preman legendaris di Indonesia:

1. Hercules

Preman dengan julukan 'kepala preman dari timur' memiliki nama asli Rosario de Marshall. Dirinya terkenal sangar dan bernyali besar.

Ia juga dikenal sebagai sosok yang ‘kebal’ karena selalu bisa selamat dari ancaman mematikan. Hercules juga terkenal sebagai salah satu preman paling tersohor di Tanah Abang.

2. Johny Indo

Bintang layar lebar ini awalnya dikenal sebagai perampok toko emas di Jakarta. Ia memiliki kelompok bernama Pachinko.

Pada 1979, Johny ditangkap dan divonis hukuman 14 tahun penjara. Pada 1982, ia sempat kabur dari penjara yang pada akhirnya menyerahkan diri. Setelah itu, Johny memilih untuk menjadi aktor dan kemudian berdakwah.

3. Kusni Kasdut

Konon, Kusni adalah perampok yang lihai karena mampu meloloskan diri dari penjara. Kasus besar yang pernah dilakoninya adalah aksi perampokan 11 permata di Museum Gajah pada 31 Mei 1961.

Pasca perbuatannya tersebut, Kusni berhasil tertangkap dan dijatuhi vonis hukuman mati di Pengadilan Semarang pada 1969.

4. Anton Medan

Pada 1990-an, pemilik nama asli Tan Hok Liang ini terkenal sebagai penjahat kelas kakap, perampok, sekaligus bandar judi. Belasan tahun malang melintang di dunia kejahatan, pada akhirnya Anton memutuskan untuk tobat dengan menjadi guru mengaji dan pendakwah khususnya di rutan.

5. John Kei

Bisnis debt collector yang dijalankan John Kei, berulang kali menyeret namanya pada berbagai kasus kriminal, mulai dari penganiayaan hingga pembunuhan.

John Kei bahkan diberi julukan "Godfather Jakarta" karena kelihaiannya dalam menjalankan bisnis ala mafia. Pada Mei 2021, Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat menjatuhkan vonis 15 tahun penjara terhadap Kei untuk kasus pembunuhan berencana terhadap Yustus Corwing.(okz)

Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.