Masjid Minangkabau dan 4 Masjid Indonesia Lainnya Berdiri di Gaza Palestina


Indonesia menjadi salah satu negara utama yang dicintai Palestina, karena totalitas dukungan yang diberikan selama ini. Satu contohnya ialah masjid-masjid Indonesia yang sengaja dibangun di sana, demi mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina.

Lantas, masjid apa saja yang sudah dibangun di negeri anbia khususnya Gaza?. Mengutip Kasihpalestina.com, berikut 5 Masjid Indonesia yang dibangun di Gaza.

1. Masjid Istiqlal Indonesia

Masjid Indonesia-Palestina ini dibangun di wilayah selatan Jalur Gaza. Mulai dibangun sejak awal tahun 2019, masjid memiliki kapasitas 5.000 jemaah dengan luas bangunan 940 meter persegi dan luas tanah 1.851 meter persegi.

Nantinya, Masjid Istiqlal Indonesia tidak hanya difungsikan sebagai tempat salat, tapi juga menjadi basis perjuangan kemerdekaan Palestina. Para hafiz(ah) cilik pun akan menuntut ilmu agama di masjid 2 bangsa tersebut.

2. Masjid Syekh Ajlin

Program pembangunan Masjid Syekh Ajlin sebenarnya merupakan program pembangunan ulang, karena masjid ini sebelumnya rusak parah setelah serangan Israel pada 2014 lalu.

Sementara itu, lokasi masjid dengan nama lain Abu Jehad ini berkisar 5 kilometer dari pusat Kota Gaza, dan 50 meter dari pesisir pantai Mediterania.

3. Masjid Minangkabau

Masjid ini berlokasi di wilayah Jalur Gaza, Palestina, dengan luas 15 x 30 meter. Masjid yang dibangun oleh komunitas Muslim di Indonesia, yakni Lembaga Dakwah dan Kemanusiaan, Minangkabau Muslim Care (MMC).

Selain untuk keperluan salat, masjid ini juga diperuntukkan sebagai tempat syiar Islam.

4. Masjid Umari

Masjid Umari berlokasi di Jabaliya – Gaza Utara. Sebenarnya, masjid Palestina ini dibangun ulang oleh Indonesia setelah rusak akibat serangan Israel  pada tahun 2014 silam. Masjid sendiri sudah diresmikan sejak tahun 2019 lalu, tepatnya pada tanggal 9 Mei.

Selain itu, masjid dua lantai ini dapat menampung lebih dari 1.000 jemaah salat. Ketika peresmian, Muslim di Gaza Utara turut menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Muslimin Indonesia.

5. Masjid Daarut Tauhiid Indonesia

Masjid buatan anak Indonesia ini terletak di wilayah Gaza Tengah, tepatnya di daerah Deir Balah. Masjid ini dibangun sebagai bukti kepedulian bangsa Indonesia terhadap saudara-saudara di Gaza.

Dibangun di atas lahan milik Departemen Agama dan Perwakafan Palestina, ditambah dengan tanah warga seluas 250 meter persegi, masjid dapat menampung sebanyak 300 jemaah. Sementara itu, konstruksi masjid dibangun dari beton dengan pondasi dasar berkekuatan 5 lantai. (sk/***)


Label:

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.